Home / News

Jumat, 15 Januari 2021 - 22:42 WITA

Gubernur Sahbirin Tetapkan Status Kalsel Tanggap Darurat 

banjir merendam rumah dikawasan pemukiman warga.

banjir merendam rumah dikawasan pemukiman warga.

BANJARMASIN(JM) – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menyatakan peningkatan status Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat. Keputusan itu diambil, mengingat musibah banjir yang terjadi semakin meluas di beberapa daerah.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menerangkan, keputusan diambil berdasarkan laporan kejadian bencana di 13 Kabupaten dan Kota yang memiliki resiko tinggi terhadap bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang. Ini dikhawatirkannya, akan berdampak pada terganggunya aktivitas ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan ini menyatakan bahwa kejadian dimaksud sebagai “bencana alam”. Dengan ini menetapkan dan meningkatkan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang menjadi Status Tanggap Darurat,” terangnya.

Kendati demikian, melalui Surat Pernyataan Nomor : 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021, ia menginstruksikan pihak-pihak terkait kebencanaan segera melakukan langkah-langkah nyata untuk penanggulangan bencana. Dalam pelaksanaan di lapangan koordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Provinsi Kalsel menerangkan, keputusan yang diambil Gubernur sangat tepat dan sesuai aturan. Peningkatan status menjadi Tanggap Darurat itu bisa diambil apabila ada surat permohonan dari dua kabupaten yang terdampak musibah.

Keluarnya Status Tanggap Darurat oleh Gubernur, sebutnya, menindaklanjuti surat pernyataan dari Bupati Kabupaten Banjar dan Keputusan Bupati Kabupaten Tanah Laut yang telah menetapkan daerah menjadi Tanggap Darurat dari Siaga Darurat.

“Dasar kita pemerintah provinsi menetapkan Tanggap Darurat apabila ada dua kabupaten/kota menetapkan Tanggap Darurat,” terangnya.

Sementara itu, Mujiyat menerangkan, kabupaten yang dilanda banjir cukup parah diantaranya Banjar, Tanah Laut, Balangan, Hulu Sungai Tengah, dan Banjarbaru. Dengan ketinggian rendaman air mencapai pinggang orang dewasa di sejumlah titik.(*)

Share :

Baca Juga

News

Sah…!!! Jaringan Media Siber Indonesia Ditetapkan Sebagai Konstituen Dewan Pers

News

Terbentuk di 23 Propinsi, Wartawan Anggota PJS Wajib Kompeten

News

LAKUKAN KUNJUNGAN KE SULUT, INI YANG DIBAHAS PENGURUS JMSI PUSAT BERSAMA PJS GUBERNUR

News

Roswita Manto Didaulat Agen Perubahan Terbaik Tingkat Provinsi Gorontalo,

News

Sekdaprov Naziarto : DPD PJS Bangka Belitung Harus Menguasai Informasi

News

Ramon Damora Terima Anugerah Jembia Emas 2020

News

Menteri Erick Thohir Ingatkan Indonesia Harus Jadi Produsen Bukan Konsumen Energi Hijau.

Kabupaten Boalemo

Karyawan Eka Putra Noho Sang ‘Titisan’ Soekarno di Gorontalo