Home / Ekonomi / News

Senin, 17 Januari 2022 - 04:00 WITA

Vaksin Sinovac Biotech Siap Rilis Vaksin Lawan Varian Omicron

Omicron

Omicron

JAKARTA – Vice President mereka Weining mengatakan kalau saat ini Perusahan vaksin Sinovac Biotech Ltd sedang dalam tahap uji klinis vaksin yang bisa melawan varian Omicron.

“Kami sedang menantikan hasil uji klinis pada Februari mendatang, dan selanjutnya sebagian besar jumlah vaksin komersialnya akan didistribusikan pada akhir Februari,” kata Meng dalam Webinar Indonesian Congress Symposium on Combating Covid-19 Pandemic without Boundaries, Minggu (16/1/2022) dilansir dari okezone.com.

Selanjutnya, vaksin ini diketahui akan diluncurkan dengan data pre klinis, serta izin penggunaannya. Meng juga mengungkapkan pentingnya vaksin booster untuk melawan varian omicron.

“Dan tentunya seiring dengan data klinisnya dan jika sudah dapat persetujuan dengan lancar sesuai yang kami harapan. Saya secara pribadi yakin bahwa booster akan berperan signifikan untuk memberantas varian Omicron,” ujar Meng.

Perusahan Sinovac Biotech sendiri sebelumnya sudah mengeluarkan vaksin CoronaVac untuk melawan varian omicron. Mereka sudah menguji coba tingkat efikasi vaksin tersebut.

Mereka merekrut 20 orang yang menerima dua dosis CoronaVac. Selain itu, perusahaan tersebut juga menyungtik 48 orang dengan 3 dosis CoronaVac.

Meng mengungkapkan, tujuh orang dari kelompok dua dosis memiliki neutralizing antibody terhadap Omicron. Sementara untuk penerima booster, 45 dari 48 atau 94 persen memiliki kadar neutralizing antibody melawan varian Omicron.

“Data ini menunjukkan bahwa pemberian dosis booster dapat meningkatkan kemampuan penetralan vaksin terhadap varian Omicron,” tulis Sinovac Biotech mengutip Global Times, Rabu (15/12/2021).

Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia sedang menguji cobakan vaksin homolog CoronaVac dan vaksin heterolog mRNA buatan Moderna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hasilnya, vaksin heterolog, yakni Moderna bisa meningkatkan titer antibodi hingga 67 kali. Sementara vaksin CoronaVac, meningkatkan titer antibodi hingga 7-8 kali. Diiketahui, untuk booster homolog dengan Sinovac, diamati bahwa peningkatan titer antibodi terjadi 1 bulan setelah penyuntikan. Peningkatannya 7-8 kali dari segi titer antibodi dengan median 2.246 unit per mili. (jm/okezone.com)

Share :

Baca Juga

News

FFWI Tolak Menilai Pelaku Kekerasan atau Perundungan Sekual

News

Surat Terbuka untuk JMSI

News

Menakar Peluang Firli Bahuri di Pilpres 2024

Kabupaten Boalemo

Plt Bupati Anas Minta OPD-Panitia Permantap Koordinasi, Sukseskan Kegiatan Festival Pesona Boalemo

News

Buka Kongres HMI ke-31, Presiden Jokowi : Kader HMI Harus Menjadi Pelopor Kemajuan Bangsa

News

Gubernur Sultra Ali Mazi Tutup Hari Pers Nasional 2022

Hukum / Kriminal

Kejari Boalemo Tetapkan TM Tersangka Kasus KONI

News

Rayakan HUT Ke-2 di Kendari, JMSI Hadir Menjaga Marwah Pers