Home / Kabupaten Boalemo

Minggu, 13 Februari 2022 - 21:31 WITA

5 Panca Karsa I Look Boalemo Tatap Peluang di IKN Nusantara

Bupati Anas Jusuf menutup kegiatan I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival. (foto_hms)

Bupati Anas Jusuf menutup kegiatan I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival. (foto_hms)

BOALEMO (JM) — Bupati Anas Jusuf mengatakan, kegiatan I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival yang
digelar selama 3 hari (11-13) February 2022 dipusatkan di Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoito bukan berakhir di ceremonial.

Akan tetapi akan ditindaklanjuti hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan beberapa daerah yang hadir di kegiatan itu.
Tidak hanya itu, Bupati Anas Jusuf juga menjelaskan bahwa dari kegiatan tersebut, melahirkan 5 Panca Karsa I Look Boalemo yakni :

1. Pemulihan Ekonomi.

Diketahui bersama bahwa, pandemi COVID-19 merombak tatanan perekonomian di seluruh negeri, termasuk di Kabupaten Boalemo. Nah, bagaimana kedepan semua OPD dilingkungan Pemkab Boalemo bersinergi melahirkan poin-poin pemulihan ekonomi.

2. Pemulihan Sektor Pariwisata.

Sektor Pariwisata di Kabupaten Boalemo harus diakui sudah mendunia. Namun seiring munculnya Covid-19, para wisatawan lokal dan mancanegara dibatasi. Oleh karena itu, di era pandemi yang saat ini masuk dalam PPKM level 2, Pemkab Boalemo harus melakukan langkah – langkah agar kedepan agar sektor pariwisata di Boalemo berangsur pulih dan menjadi salah satu sektor unggulan perekonomian daerah, tanpa mengabaikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

3. Menseriusi Pusat Kawasan Ekonomi

Khusus (KEK) Pedesaan. Harapannya, dengan berbagai terobosan yang dilakukan Pemkab Boalemo saat ini, menjadi tambahan poin bagi pemerintah pusat, agar kedepan Kabupaten Boalemo menjadi pusat KEK.

4. Pengembangan Pelabuhan Tilamuta.
Pemkab Boalemo saat ini menseriusi pengembangan pelabuhan Tilamuta. Mewujudkan ini semua, tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh perjuangan yang besar merealisasikan ini semua.

Diharapkan kepada OPD terkait, dapat bersinergi dan berkoordinasi yang baik dengan pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat, agar pengembangan Pelabuhan Tilamuta segera terealisasi kedepan.

5. Pembinaan UMKM.

Usaha mikro sangat penting di hidupkan  demi menjaga roda perekonomian di daerah ini. Olehnya OPD terkait, diharapkan mampu memfasilitasi dan membina para pelaku usaha UMKM, agar kedepan usaha mereka lebih maju dan berkembang.

Bagi Bupati Anas Jusuf, kegiatan I Look Boalemo ini akan menjadi pondasi dasar ekonomi Boalemo secara keseluruhan.

“Targetnya kedepan adalah, bagaimana kerjasama yang sudah terjalin dengan beberapa Kabupaten di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara ini, mampu memberikan kontribusi balik terhadap perekonomian Kabupaten Boalemo kedepan,” tutur Bupati Anas saat ditemui di rumah jabatan Bupati, Ahad (13/2/2022).

Apalagi beberapa daerah tersebut titetapkan menjadi daerah distributor beberapa kebutuhan pokok di Ibukota Negara Baru (IKN) yang ada di Kalimantan.

Potret desain wajah Ibukota Negara Baru Nusantara.

“Kegiatan I Look Boalemo tidak hanya ceremony saja. Akan tetapi, didalamnya ada berbagai peluang. Salahsatunya menatap peluang ditetapkannya salah satu Provinsi di Kalimantan sebagai Ibukota negara yang baru. Ini adalah peluang yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya kedepan,” tutup Bupati Anas Jusuf. (din)

Share :

Baca Juga

Kabupaten Boalemo

Penjabup Hendriwan Hadiri Upacara Puncak Peringatan HUT TNI Ke-77

Kabupaten Boalemo

Anas Jusuf Bersama Istri Jalani Proses Mopotolungo Menuju Kediamannya di Desa Tapadaa

Kabupaten Boalemo

Sekda Sherman Imbau Dikes Optimalkan Penurunan Stunting di Boalemo

Kabupaten Boalemo

Miris, Pengusaha Burung Walet di Kabupaten Boalemo ‘Enggan’ Melunasi Pajak, Begini Alasannya..!!

Kabupaten Boalemo

Penjabup Hendriwan Tinjau Kegiatan Posyandu dan Khitanan Massal di Kecamatan Botumoito

Kabupaten Boalemo

Bangun Boalemo Lebih Maju, Plt Bupati Anas Minta Dukungan Kampus UNG

Kabupaten Boalemo

Sekda Sherman Moridu Dipercayakan Pimpin Ketua Alumni MIPA UNG

Kabupaten Boalemo

Puskesmas Bongo Gelar Jalan Sehat, Semarakan HUT Kecamatan Wonosari dan Sambut Tahun 2023