Home / Parlemen

Selasa, 12 Oktober 2021 - 10:25 WITA

Ketua DPRD Karyawan Eka Putra Noho Pimpin Sidang Paripurna HUT Boalemo Ke-22

BOALEMO (JM) – Perayaan HUT Kabupaten Boalemo yang ke-22 yang dilaksanakan di gedung DPRD Boalemo, Selasa (12/10/2021) berlangsung khidmat. Sidang paripurna istimewa dipimpin langsung Ketua DPRD Karyawan Eka Putra Noho, didampingi Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali dan Muslimin Haruna, dihadiri Sekda Provinsi Gorontalo, Plt Bupati Anas Jusuf dan para undangan.

Dalam pidatonya Plt Bupati Anas Jusuf mengatakan, di momen HUT Boalemo ke-22 ini, dia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Boalemo kembali merenungkan nilai-nilai perjuangan serta semangat para pendiri daerah yang sangat kita cintai ini. Untuk itu, kepada para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, para pelajar, dan mahasiswa, yang berada di luar Gorontalo supaya tetap mewujudkan cita-cita para pendiri daerah.

Adanya otonomi daerah telah memberikan kesempatan seluas-luanya bagi daerah untuk berpacu membangun daerahnya. Berbagai kebijakan dan program yang dimaksudkan untuk perbaikan ekonomi dan pembangunan, namun dampak pandemi terhadap perekonomian secara global sangat dirasakan” ungkap Anas Jusuf.

Secara umum pertumbuhan ekonomi menurut Anas Jusuf cukup meningkat, hal ini dapat dilihat dari indikator ekonomi makro dua tahun sebelumnya seperti pertumbuhan ekonomi tahun 2019 berkisar 6,72 persen, demikian pula indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2020 berkisar 65,91 persen mengalami peningkatan 0,3 poin pada tahun 2019.

Sedangkan indikator sosial budaya seperti presentase penduduk miskin terus mengalmi penurunan, tahun 2019 berkisar 18,57 persen atau turun 0,3 persen tahun 2020, dibeberapa sektor perindustrian, perdagangan, kesehatan, dan lain-lain, terus digerakkan demi peningkatan perekonomi bagi daerah seperti bantuan bibit dan pupuk secara gratis.
Pembangunan jalan usaha tani, pemberian UMKM, serta percepatan vaksinasi. Sedangkan peningkatan infrastruktur pentingnya pengembangan pelabuhan dari status pelabuhan penumpang menjadi status pelabuhan pengumpul.

De”Kami berharap perhatian dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar pengembangsn pelabuhan tilamuta sebagai program prioritas dalam pengalokasian anggaran tahun 2022 atau dimasa yang akan datang,” tutup Anas Jusuf. (jm)

Share :

Baca Juga

Parlemen

Harijanto Mamangkey Bantu Pembangunan Lapangan Takraw Di Desa Pangea

Parlemen

Ketua DPRD Nasir Giasi Tegaskan Kompisisi Alat Kelengkapan Dewan Tidak Berubah

Kabupaten Pohuwato

Iriyanti Latif Ingatkan Dikpora Soal Kualitas Pendidikan Ditengah Pandemi Covid-19

Parlemen

Hardi Tegaskan DPRD Siap Lebih Optimalkan Fungsi Pengawasan

Parlemen

Resvin Pakaya Reses di Desa Piloliyanga

Parlemen

Komisi III Siap Gelar rapat Dengan Perusahaan Pertambangan PT Merdeka Gold

Parlemen

Ketua DPRD Minta Investor Konsisten Bangun Ekonomi Masyarakat

Parlemen

Ketua DPRD Nasir Harap WPR Segera Direalisasikan, Antisipasi Dampak Produksi Emas Dari PT.PETS