Home / News / Politik / Opini

Jumat, 2 April 2021 - 07:14 WITA

Duo V, Vaksinasi dan V Shape

Khalid Zabidi Sekjen JMSI Jakarta.

Khalid Zabidi Sekjen JMSI Jakarta.

Oleh:
Khalid Zabidi, Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jakarta

Proses vaksinasi terus berjalan, Presiden Jokowi telah mencanangkan target 181 juta warga Indonesia akan diberi vaksinasi sepanjang tahun 2021, perkembangan terkini vaksinasi telah mencapai angka 10,4 juta jiwa, memang masih jauh dari target namun perkembangan vaksinasi di dunia, posisi Indonesia telah menempati negara ke 10 terbanyak yang telah memvaksinasi warga negaranya.

Vaksinasi menjadi game changer di pandemi SARCov2 atau Covid19 yang telah menerjang dunia selama setahun belakangan, menurut worldmeter hingga kini telah memakan 2.827.426 juta jiwa dengan 129.454.440 kasus disertai kasus aktif 22.226.200 serta tingkat kesembuhan sebanyak 104.400.794.

Vaksinasi diharapkan bisa memutus penyebaran virus Covid19 dengan menciptakan ketahanan imun tubuh manusia secara kelompok atau dikenal dengan istilah herd immunity sehingga secara alamiah virus akan melemah dan berhenti menyebar.

Indonesia kini menempati posisi 20 di dunia dengan catatan kasus 1.511.712, korban jiwa yang tewas sebanyak 40.858 disertai tingkat kesembuhan sebesar 1.348.330 jiwa.

Berbagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid19 melalui aneka macam protokol dan pembatasan telah dilakukan oleh berbagai pihak. Hasilnya, masih naik turun mengikuti dinamika pergerakan masyarakat, baik secara psikologis maupun fisik.

Kepercayaan diri masyarakat bahwa pandemi lambat laun telah berkurang maupun keinginan masyarakat melakukan pergerakan khususnya dalam upaya menggerakkan roda perekonomian membuat masyarakat melakukan mobilisasi yang cukup masif.

Angka kasus aktif meningkat tercatat pada hari-hari libur, selain karena kerinduan masyarakat untuk berekreasi juga dikarenakan meningkatnya jumlah test pada saat bersamaan. (*)

Share :

Baca Juga

News

Peserta Mulai Berdatangan, Ini Agenda JMSI di Kota Kendari

News

Gubernur Sumut Puji Akselerasi Wamentan Mengalahkan Tentara

News

BPS Awali Pendataan Regsosek Dari Penjabup Hendriwan

News

Kesederhanaan Firli Bahuri Saat Bersama Keluarga

News

KPU Umumkan Pasangan Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024.

Kabupaten Boalemo

Ini Pesan Plt Bupati Hadiri Sosialisasi Aplikasi Sentuh Tanahku dan Loketku

News

Ini Alasan Masyarakat Batu Papan Minta Pabrik PT KAS Inhu Ditutup

News

Kader Golkar All Out Menangkan Pasangan SMS