Bogor, (JM) – Menanggapi kebutuhan keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan perkembangan teknologi, khususnya dalam mencari pekerjaan, mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina menginisiasi penyelenggaraan Workshop Sehari untuk anak muda dalam meningkatkan kapasitas dalam mencari pekerjaan.
Workshop ini diselenggarakan di Aula Posyandu Komplek Marinir RW 06, yang berlokasi di Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Sabtu, (29/6/24).
Dengan mengusung tajuk “Penguatan SDM: Peningkatan Kapasitas Anak Muda Wilayah Komplek Marinir RW 06 dalam Mencari Pekerjaan,” diharapkan menjadi salah satu panduan kecil bagi generasi muda untuk memperoleh keterampilan dan kemampuan yang memadai guna bersaing dan meraih peluang kerja di era digital.
Peserta dalam kegiatan merupakan remaja produktif berusia 18 hingga 28 tahun yang terdiri dari fresh graduate yang baru lulus kuliah, lulusan SMA dan SMK, atau angkatan terakhir yang duduk di bangku SMA, serta mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.
Pada kegiatan ini peserta dibekali dengan pengetahuan terkait tips dan trik dan bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly yang dapat disortir melalui software atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). Setelah itu peserta dibekali tentang cara melakukan proses wawancara dengan percaya diri serta melatih peserta dalam mengakses platform digital pencarian pekerjaan seperti LinkedIn, JobStreet, dan platform relevan lainnya.
Adapun fokus utama workshop ini adalah Keterampilan desain dengan Canva serta penggunaan asisten kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT dari OpenAI, Copilot AI dari Microsoft, dan Gemini AI dari Google.
Ketua Pelaksana, Ageng Wuri Rezeki Afandiah, menyampaikan bahwa pelatihan ini menjadi fokus bahasan. Mengingat mayoritas warga di RW 06 merupakan orang tua yang sudah sepuh dan memiliki anak-anak remaja dan lulus kuliah.
“Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat CV yang ATS Friendly sehingga dapat dipanggil interview dan memenuhi syarat dari pencari kerja atau HRD perusahaan. Tips dan trik dalam melamar pekerjaan menggunakan platform kerja juga dibutuhkan karena pemahaman penggunaan pencari kerja digital menjadi penting. Strategi sukses dalam dunia kerja yang menjadi krusial juga ada pada cara komunikasi yang efektif terutama saat proses interview, bagaimana membranding diri, memperkenalkan diri dan menggunakan komunikasi bahasa yang lancar,” tuturnya.
Bersamaan dengan kegiatan workshop tersebut, Mahasiswa Magister Komunikasi Korporat juga bekerja sama dengan Kelompok PKK dan Posyandu Setempat untuk meluncurkan Pos Pelayanan Kesehatan Remaja (POS MAJA) yang diresmikan secara langsung oleh Ibu Mulyati, Sekretaris Kelurahan Rangkapan Jaya BaruPancoran Mas Depok, serta Ketua Lingkungan RW 06 Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru (RJB) Pancoran Mas Depok.
Pelatihan ini menjadi langkah awal Mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina untuk menjadikan anak muda lebih mandiri sekaligus dapat secara tidak langsung menurunkan penetrasi angka pengangguran, dan harapannya akan berkelanjutan dengan melihat tren mencari kerja yang ada. (JM)

























