Home / Daerah / News

Sabtu, 6 Februari 2021 - 17:31 WITA

Ketua KTNA Winarno Tohir Meninggal Dunia

Ketua Umum KTNA nasional, Winarno Tohir.

Ketua Umum KTNA nasional, Winarno Tohir.

CIREBON (JM) – Kabar duka menyelimuti keluarga besar Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional. Dimana, Ketua KTNA nasional, H. Winarno Thohir meninggal dunia, Sabtu, 6 Februari 2021.

Ketua Umum KTNA Nasional (sejak tahun 2000), sungguh seorang pejuang tani tak kenal lelah. Dia adalah sosok penghubung kepentingan petani Indonesia dengan kebijakan pemerintah Indonesia.

“Almarhum sangat memahami persoalan. Berdiskusi dengannya selalu memberikan perspektif baru dalam mengelola pertanian. Beliau sangat konsen terhadap kualitas dan regenerasi sumber daya manusia pertanian,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Mentan menilai Kementan bersama KTNA memiliki cita-cita yang sama yakni memperkuat pertanian sebagai tulang punggung bangsa yang dimulai dari desa-desa. Selain itu Winarno dikenal sebagai sosok yang mampu menjembatani aspirasi petani dan kepentingan pemerintah.

“Pemikiran dan konsepsi kami ada irisan dengan gagasan yang ia tawarkan. Ia juga tak sungkan menyampaikan kendala-kendala lapangan yang dialami petani. Soal bagaimana menerapkan mekanisasi untuk mereduksi losses panen dan peran penyuluh sebagai ujung tombak di lapangan, ia juga utarakan. Dan itu bukan sekadar wacana, tapi ia lakukan dengan menerjunkan penyuluh-penyuluh swadaya,” kata Syahrul, dilansir dari media jpnn.com

Winarno Tohir meninggalkan istri dan tiga anak. Almarhum yang juga pernah menjadi Ketua Kelompok Tani Sriunggul di Desa Sleman, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu pada tahun 1982, akan dimakamkan di kampung halamannya.

“Kami atas nama keluarga besar Kementan mendoakan semoga apa yang telah almarhum perbuat, dicatat sebagai amal saleh dan menjadi teladan bagi kita semua,” tutur Mentan Syahrul. (zal)

Share :

Baca Juga

Kabupaten Boalemo

Bahas Berbagai Persoalan Daerah, Pemkab Boalemo Gelar Rapat Forkopimda

News

Asprov PSSI Gorontalo Bersama Polres Boalemo Gelar Doa dan Dzikir Bersama Untuk Korban Tragedi di Kanjuruhan

News

Mitro Nanto Terpilih Aklamasi Ketua Perhimpunan Jurnalis Siber Boalemo

Daerah

Bupati Sherman Harapkan Pelatihan Kepemimpinan Lahirkan Pejabat Yang Sesuai Kompetensi

News

Ini pesan Bupati Indra Yasin di Peringatan Hari Ibu ke-92

Kabupaten Boalemo

Sudah Maksimal Realisasikan Kinerja, Anas Ucapkan Terima Kasih Kepada Pimpinan OPD

News

BPSILHK, APHI, GAPKI dan JMSI Sumsel Gelar Diskusi Indonesia Siap Luncurkan Standarisasi Penanganan Karhutla

Kabupaten Boalemo

Sekda Sherman Moridu Terima Kunjungan Tim Dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta