Home / Kabupaten Boalemo

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:51 WITA

Kabid Ardiansyah Ajak Warga Boalemo Jaga Naskah Kuno

BOALEMO (JM) – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo Adnan Mandzuk melalui Kepala Bidang Kepala Bidang Pelayanan dan Pelestarian Naskah Kuno, Ardiansyah Pasoo menyampaikan, bahwa peran pemerintah Kecamatan dan Desa sangat dibutuhkan dalam menyimpan data arsip kuno di Kabupaten Boalemo.

Kata Kabid Ardianyah, kegiatan sosialisasi sebagai upaya penyelamatan serta pelestarian naskah kuno, manuskrip dan koleksi budaya etnis Nusantara. Perpustakaan mempunyai peran yang sangat luas dan perlu dikembangkan sebagai sumber dari informasi yakni arsip dan perpustakaan sebagai lembaga strategis peningkatan literasi.

“Seluruh lapisan masyarakat memiliki kewajiban dan tanggung jawab bersama di dalam melakukan menyimpan, memelihara dalam hal ini nilai-nilai naskah kuno dan sebagai bagian dari kebudayaan nasional itu sendiri sesuai kekhasan daerah masing-masing,” ujar Ardiansyah.

Menurutnya, naskah kuno dan budaya etnis di Boalemo dapat dikatakan merupakan suatu kekayaan kehidupan bangsa Indonesia, kekayaan yang dimiliki ini dimulai dari peradaban masyarakat sebagai anak bangsa.

Kegiatan sosialisasi pelestarian naskah kuno ini tujuannya agar pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi ini agar bisa bertukar informasi dan membuka ruang keterbukaan informasi untuk bisa menginventarisasi di mana ada naskah kuno yang patut kita lestarikan,” pungkasnya.(eki)

Share :

Baca Juga

Kabupaten Boalemo

Fraksi Golkar Bersama KPPG dan IIPG Serahkan Bantuan Kepada Danial Syawal

Kabupaten Boalemo

Hadiri Peringatan Nuzul Quran, Ini Pesan Sekda Sherman Moridu

Kabupaten Boalemo

Puskesmas Bongo II Gelar Donor Darah Sukarela

Kabupaten Boalemo

Penjabup Hendriwan Didaulat Buka Sosialisasi Pembangunan Ekosistem Tata Kelola Satu Data Dari Desa

Daerah

PJ. Bupati Boalemo Minta Warganya Terus Dukung Owan Raih Juara Dangdut Academy 6

Kabupaten Boalemo

Tim Nakes Dikes Boalemo Siap Sisir Desa Yang Masih Rendah Angka Vaksinasi

Daerah

Boalemo dan BPS Gelar FGD Boalemo Dalam Angka dan Bahas PDRB 2024

Kabupaten Boalemo

Pemkab Boalemo Siap Maksimalkan Vaksinasi Covid-19, Libatkan Peran ASN