Home / Kabupaten Boalemo / News / Politik / Opini

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:21 WITA

Menanti Dominasi Partai Golkar dan PDIP di Pilkada Boalemo 2024

Pilkada Boalemo

Pilkada Boalemo

BOALEMO (JM) – Pilkada Boalemo yang rencananya bakal digelar tahun 2024 menarik ditunggu. Menariknya adalah, siapa figur yang akan di jagokan oleh 2 partai besar yakni, partai berlambangkan pohon beringin dan partai moncong putih.
Jika mereviuw perjalanan politik kedua partai tersebut, patut di acungi jempol.

Partai Golkar pernah menguasai Parlemen Modelomo di era kepemimpinan Nizam Dai dengan perolehan 15 kursi dari total 25 kursi yang ada. Begitu juga dengan PDIP, ditangan Karyawan Eka Putra Noho, PDIP meraih 7 kursi di Pileg 2019 kemarin.

Dalam perjalanan Pilkada Boalemo, kedua partai Golkar maupun PDIP, sama-sama sukses mengantarkan figur jagoannya menjadi Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Boalemo.

Dimana, PDIP dengan koalisinya yang mengusung pasangan ILHAM (Almarhum Iwan Bokings-La Ode Haimudin) mampu mengalahkan pasangan ZAMRUD (Nizam Dai – Efendi Rustam Pakaya) di Pilkada 2006 kala itu.

Kemudian di Pilkada Boalemo tahun 2012, Partai Golkar mampu menebus kekalahan mereka. Dimana, pasangan Rum Pagau – Lahmudin Hambali (PAHAM) yang di usung Partai Golkar mengalahkan pasangan La Ode Haimudin – Nizam Dai yang diusung oleh PDIP dan koalisi parpol.

Saat ini baik PDIP dan Partai Golkar sama-sama miliki sejumlah kader yang mumpuni dijagokan untuk maju bertarung di Pilkada Boalemo. Di PDIP sendiri, ada sederet nama yang tidak asing dan terterima di kalangan masyarakat.

Sebut saja ada La Ode Haimudin saat ini duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Dedi Hamsah tokoh muda reformis asal Kecamatan Wonosari tang juga dipercaya rakyat duduk Deprov Gorontalo.

Kemudian ada Ketua PDIP Boalemo Karyawan Eka Putra Noho yang juga Ketua DPRD Boalemo, selanjutnya ada tokoh pengusaha muda Harijanto Mamangkey yang sudah 3 kali berturut-turut menjadi Aleg di DPRD Boalemo, Hasan Zubedi pengusaha muda serta duo srikandi yakni, Rensi Makuta dan Yeni Manoppo dan Danial Frait salah satu pengusaha muda yang me jabat Ketua PDIP Kecamatan Tilamuta.

Tak kalah menarik di Partai Golkar. Ada nama Ketua Golkar Boalemo Lahmudin Hambali yang saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Boalemo. Kemudian ada Oktohari Dalanggo mantan Ketua DPRD Boalemo, yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Gorontalo, Djafar Latip Kilo Sekretaris Golkar Boalemo.

Selanjutnya ada Iwan Woluwo, tokoh muda yang dipercaya masyarakat menjadi Aleg di DPRD Boalemo 4 kali berturut hingga saat ini dan Suleman Asmu salah satu tokoh muda yang pernah menjadi Ketua KNPI Boalemo dan duduk di DPRD Boalemo.
Kini PDIP maupun Partai Golkar telah turun memanaskan mesin partai dengan melakukan konsolidasi ditingkat akar rumput.

Menarik Ditunggu, partai manakah yang akan mendominasi Pilkada Boalemo tahun 2024 mendatang.
Apakah PDIP yang akan angkat bendera kemenangan seperti di Pilkada 2006 atau Partai Golkar yang akan mengulang sejarah di Pilkada 2012..? (jm)

Share :

Baca Juga

Kabupaten Boalemo

Seluruh Pegawai BNNK Boalemo di Tes Urine

Daerah

Supandra Buka Rapat Forum Komunikasi Intensif antara Pemkab Boalemo dan BPJS Provinsi Gorontalo

Kabupaten Boalemo

Plt Bupati Anas Jusuf Buka Workshop Pemahaman Standar Akreditas Puskesmas 

Kabupaten Boalemo

Sekda Sherman Moridu Minta OPD Segera Buat LPPD

Kabupaten Boalemo

Kabid Walta Amrain Ajak Remaja di Desa Bajo Menikah di Usia Ideal Perkawinan

Kabupaten Pohuwato

Saipul Mampu Jelaskan Program Kepada Masyarakat Saat Debat

Kabupaten Boalemo

Plt Bupati Anas Resmikan Kantin Sehat di RSTN Boalemo

Kabupaten Boalemo

Sertijab di Polres Boalemo, Ini Pesan Kapolres AKBP Deddy Herman