Home / Kabupaten Boalemo

Jumat, 5 Maret 2021 - 18:19 WITA

Ini Pesan Plt Bupati Anas Saat Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tilamuta

BOALEMO(JM) — Pelaksana tugas (Plt) Bupati Boalemo Ir. H. Anas Jusuf MSi membuka kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD)Tahun 2022 tingkat Kecamatan Tilamuta, yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tilamuta, Jumat (5/3/2021).

Dimana, kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali, Sekretaris Daerah Sherman Moridu, Asisten II Mondroe Mopangga, Kadis Capil Kabupaten Boalemo Teguh Jatmika, Camat Tilamuta Mizan Uwade, unsur Muspika Tilamuta, perwakilan OPD dan Kepala desa serta BPD se Kecamatan Tilamuta.

Dalam sambutannya Plt Bupati Anas Jusuf menyampaikan, kegiatan Musrembang RKPD ini merupakan musrenbang terakhir bagi Pemerintahan Damai (Darwis Moridu-Anas Jusuf).

Semoga dengan pelaksanaan Musrenbang RKPD ini, dapat menghasilkan rumusan yang konferenship dan terukur. Sehingga kegiatan musrenbang ini betul-betul mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan desa.

“Kedepan seluruh sistem penganggaran harus berkaitan dengan pengembangan ekonomi secara menyeluruh. Setiap tahun kebutuhan anggaran daerah, Kecamatan dan Desa semakin meningakat. Disisi lain, kita hanya bergantung ke pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU),’ ungkap Anas.

Lanjut Plt Bupati Anas, tahun ini anggaran Pemerintah Kabupaten Boalemo kena refocusing sejumlah 33 miliar di tarik kepusat. Artinya, anggaran yang di kucurkan Pemerintah Pusat,secara logika kebutuhan kita,semakin meningkat, sehingga itu kita jangan berharap anggaran  pusat itu semakin naik.

Oleh sebab itu program pemerintah daerah kedepan, bagaimana pusat-pusat ekonomi kerakyatan ini di kembangkan bersama-sama. Di wilayah Kabupaten Boalemo yang bisa menggerakan ekonomi secara menyeluruh dan meningkat secara signifikan yaitu dari pelabuhan.

“Terkait pengembangan pelabuhan Tilamuta, pemkab Boalemo sudah mengusulkan kepada Bapak Rachmat Gobel selaku Wakil Ketua DPR-RI sebagai pelabuhan program strategis Nasional. Maka setiap tahun bukan  DAU yang akan meningkat, tetapi DAK juga yang akan meningkat. kalau pelabuhan ini akan berkembang, tentu pergerakan ekonomi semakin tinggi,” tutur Anas.

Posisi pelabuhan Tilamuta sekarang menjadi pelabuhan penumpang. melaluio tol laut yang melayani beberapa kota yang ada di Sulawesi. Ada juga kapal-kapal barang yang masuk. Maka potensi ini yang kita manfaatkan. “Pemerintah Kecamatan dan Desa saya harapkan berpikir, bagaimana meningkatkan ekonomi di masing-masing desa,” pintanya.

Hadirnya Badan Milik Desa (BUMDES) yang ada di desa, harus di kawal Kepala desa. Jangan BUMDes itu hanya menjadi sumber pertentangan di desa.

Ada beberapa desa yang ekonominya sudah mulai meningkat. Sehingga itu melalui Musrenbang RKPD ini, mari kita usulkan program yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat, karena musrenbang ini terakhir untuk pemerintahan DAMAI.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf menyaksikan penandatangan kerjasama Dinas kependudukan dan pencatatan sipil  dengan Kepala Desa terkait pelayanan penerbitan Akta Kematian berbasis android. (Iyan)

Share :

Baca Juga

Kabupaten Boalemo

Pasca Diresmikan Plt Bupati, Hendrik Dahiba Tersenyum Bahagia Bisa Naik Rumah Baru

Kabupaten Boalemo

Pemda Boalemo Bantu Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Wonosari

Kabupaten Boalemo

Pernyataan Ketua Laskar Macan Asia Ditanggapi Plt Ketua PAPDESI Boalemo

Kabupaten Boalemo

Ini Pesan Bupati Anas Jusuf, Beri Arahan Kepada CPNS PPPK

Kabupaten Boalemo

Hadiri Rakor Pendataan Awal Registrasi Ekonomi, Sekda Sherman Ini Sangat Penting

Kabupaten Boalemo

Asisten II Fatlina Podungge Dorong Perumda Tirta Boalemo Jadi Mandiri dan Sehat

Kabupaten Boalemo

BKD-Diklat Gelar Uki Kompetensi Pejabat Eselon III, IV dan Pejabat Fungsional

Kabupaten Boalemo

Penjabup Hendriwan Sambut 19 Jemaah Haji asal Boalemo, Disambut Resmi Pemda Boalemo