Home / Bisnis

Minggu, 20 Februari 2022 - 21:28 WITA

Cerita StoneX Group Inc Dari Penjual Telur Keliling, Kini Menjadi Jasa Keuangan Kelas Dunia

StoneX Group Inc adalah organisasi jasa keuangan. Perusahaan beroperasi di enam bidang yakni lindung nilai komersial, pembayaran global, sekuritas, komoditas fisik, valuta asing dan layanan kliring dan eksekusi (CES).

Dikutip dari sejumlah sumber, StoneX dimulai sebagai pedagang grosir telur dari pintu ke pintu yang akhirnya berkembang menjadi pialang mentega dan telur yang dikenal sebagai Saul Stone and Company.

Saul Stone, sang pendiri, melarikan diri dari penganiayaan di tanah airnya, Rusia, dan menetap di Chicago pada tahun 1921.

Pada tahun 1924, Stone mulai menjual barang-barang pertanian. Akhirnya, ia pindah ke kontrak berjangka lindung nilai dan menangani berbagai kontrak komoditas.

Perusahaan milik Stone menjadi anggota Chicago Mercantile Exchange di tahun 1938. Pada tahun 1946 itu didirikan sebagai Saul Stone & Co. Beberapa dekade kemudian, Saul Stone & Co. bergabung dengan Farmer’s Commodity Corporation. Setelah merger, perusahaan baru menamakan dirinya FCStone Group Inc.

Pada dekade berikutnya, StoneX mengambil banyak langkah signifikan. Perusahaan ini go public di tahun 2007. Perusahaan mengumpulkan sekitar 95 juta dolar AS. Perusahaan mengakuisisi Downes-ONeil LLC yang berbasis di Chicago pada tahun yang sama.

Pada tahun 2008, StoneX mengakuisisi Globecot Inc dan The Jernigan Group LLC, sebuah grup pialang yang bekerja dengan industri serat dan tekstil global.

Setahun kemudian International Assets Holding Corporation (IAHC) dan FCStone Group bergabung menjadi INTL FCStone (sekarang StoneX Group Inc.) Diego Veitia, yang juga membantu mendirikan Bursa Efek Kosta Rika, mendirikan IAHC. Veitia menjabat sebagai Ketua dengan StoneX.

Perusahaan baru mengakuisisi Hanley Group Ltd pada tahun 2010. Hanley adalah penyedia produk over-the-counter (OTC) terkemuka. Itu dikombinasikan dengan meja perdagangan OTC StoneX yang ada, memungkinkan perusahaan untuk memperluas segmen bisnis itu.

Ekspansi lebih lanjut terjadi dengan transaksi pembelian operasi berjangka dari Hencorp Group yang berbasis di Miami, Hencorp Futures. Hencorp Futures mengubah namanya menjadi INTL Hencorp Futures dan memperluas komoditas perdagangan StoneX untuk memasukkan kopi, gula, dan kakao.

Perusahaan, pada 2010, bermitra dengan Decisive Farming. INTL menyediakan organisasi dengan Know-Risk, alat pemasaran yang membantu petani menyesuaikan rencana pemasaran tanaman berdasarkan pemicu harga dan pemicu waktu.

Perusahaan mencapai kesepakatan dengan Hudson Capital Energy LLC (HCEnergy), sebuah perusahaan manajemen risiko energi yang berbasis di New York, pada tahun 2011.

Anak perusahaan INTL, StoneX Group Inc. (sebelumnya FCStone LLC), mengambil alih bisnis dan pelanggan HCEnergy. Ini termasuk anak perusahaan Swiss HCEnergy, HCEnergy Europe GmbH. Transaksi tersebut memperluas portofolio risiko energi StoneX Group Inc. untuk memasukkan kemampuan yang lebih besar dalam minyak mentah dan produk olahan.

Pada tahun 2011, StoneX Group Inc. juga melihat awal dari CommodityNetwork INTL. Tahun itu, INTL membeli buletin industri online CoffeeNetwork dari Hencorp Group. Setahun kemudian, perusahaan mengumumkan rencana untuk memperluas jangkauan jaringan ke empat komoditas utama: logam, pertanian, energi dan softs.

Anak perusahaan INTL StoneX (sebelumnya INTL FCStone) mengakuisisi Sinclair and Company di tahun 2014. Sinclair, seorang pialang pengantar, berfokus pada pasar susu, biji-bijian, dan ternak.

Pada akhir Januari 2018, perjanjian antara INTL FCStone Financial, anak perusahaan StoneX Group Inc. (INTL FCStone pada saat itu), dan platform Eropa Allfunds Bank diluncurkan. Perjanjian tersebut memberi penasihat yang menggunakan FCStone Financial akses ke ribuan dana Ucits tanpa harus menandatangani kontrak individu dengan manajer atau distributor masing-masing strategi.

 

Pada Agustus 2018, StoneX mulai mengembangkan platform teknologi untuk klien LME-nya. Platformnya akan serupa dengan yang dibuat untuk klien logam mulia INTL. Platform itu dikenal sebagai PMXecute. Ini adalah platform perdagangan elektronik berpemilik yang memberi klien harga real-time baik dalam logam mulia maupun valuta asing.

Ada juga PMXecute+, yang menghubungkan konsumen dan pemasok emas fisik. Pada bulan Desember 2018, StoneX mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi bisnis perdagangan pendapatan tetap GMP yang berbasis di AS yang sebelumnya dikenal sebagai Miller Tabak Roberts Securities.

Pada tahun 2019 StoneX Group Inc. mengakuisisi perdagangan berjangka dan opsi serta bisnis kliring UOB Bullion and Futures terbatas di Singapura. Pada bulan April 2019, StoneX meluncurkan divisi pialang utama. Divisi baru ini menawarkan layanan kliring untuk hedge fund, reksa dana, dan kantor keluarga.

Pada Februari 2020, StoneX mengumumkan akuisisi pialang yang berbasis di AS, GAIN Capital Holdings Inc, yang terutama dikenal sebagai operator merek ritel FOREX.com secara global dan City Index di Inggris. Kesepakatan tunai, disetujui oleh dewan kedua perusahaan, bernilai sekitar 236 juta dolar AS dalam nilai ekuitas.

Pada Juli 2020, perusahaan mengganti nama dan mengubah namanya menjadi StoneX Group Inc. Pada Oktober 2020, StoneX menyelesaikan akuisisi Giroxx yang berbasis di Frankfurt yang sekarang beroperasi sebagai StoneX Financial GmbH dari dalam divisi Pembayaran Global. (*)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Anggota Fraksi PAN Slamet Aryadi Tolak Kebijakan Impor Beras

Bisnis

Potret Kekuatan Tawar RI Soal Renegosiasi Kontrak Freeport

Bisnis

Bill Gates Klaim Keuntungan di Binis Vaksin

Bisnis

ACM Targetkan 1 Juta UMKM Transformasi Digital

Bisnis

2022, Harga Rokok Naik Rp 40 Ribu Per Bungkus

Bisnis

Pemkab Boalemo Teken MOU Dengan PT. Kreatif Gemilang Utama, Kejar Kemajuan Ekonomi Daerah

Bisnis

Bahas Konsepsi RTRW, Sherman Minta Peserta Beri Masukan Dalam Rencana Pembangunan

Bisnis

Sekda Sherdu Tinjau Vaksinasi Usia Dini 6-11 Tahun